Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the page-builder-framework domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/pholujjr/public_html/wp-includes/functions.php on line 6114
Media Sosial Sebagai Lahan Amar Ma’ruf Nahi Munkar – SMP Muhammadiyah Sempor

Media Sosial Sebagai Lahan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Kebumen – Selasa (24/1) Media sosial adalah alat yang sangat efektif dalam melakukan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Dengan jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia, media sosial memungkinkan kita untuk menyebarluaskan pesan-pesan positif dan mengajak orang lain untuk berbuat baik.

Salah satu keuntungan dari menggunakan media sosial dalam dakwah amar ma’ruf nahi munkar adalah kemudahan dalam menyebarluaskan pesan. Dengan hanya mengklik tombol “share” atau “retweet”, kita dapat menyebarkan pesan positif kepada jutaan orang dalam waktu singkat. Selain itu, media sosial juga memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung, sehingga kita dapat menjawab pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin muncul dari orang yang menerima pesan kita.

Selain itu, media sosial juga memungkinkan kita untuk menjangkau audiens yang beragam, termasuk orang yang mungkin tidak akan terpengaruh oleh dakwah melalui jalur tradisional. Hal ini karena media sosial menyediakan platform yang tidak terbatas oleh batas geografis atau kultural, sehingga kita dapat menyebarkan pesan kita kepada orang-orang di seluruh dunia.

Namun, perlu diingat bahwa media sosial juga memiliki kelemahan. Beberapa orang mungkin salah menafsirkan pesan atau menyebarkan informasi yang tidak benar, sehingga perlu dijaga agar pesan yang disebarkan tetap sesuai dengan ajaran agama dan dapat dipertanggungjawabkan.

Anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling rentan terhadap dampak negatif dari media sosial. Tanpa pembatasan yang tepat, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten-konten yang tidak pantas, seperti konten yang berisi kekerasan, pornografi, atau bahkan radikalisasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pembatasan akses media sosial bagi anak-anak untuk melindungi mereka dari dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh konten-konten tersebut.

Salah satu cara untuk memberikan pembatasan akses media sosial bagi anak-anak adalah dengan menggunakan aplikasi pemantauan atau kontrol parental. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan untuk memblokir atau membatasi akses anak-anak ke konten-konten tertentu, seperti situs web yang berisi konten dewasa atau aplikasi yang tidak sesuai untuk usia anak-anak. Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengontrol waktu yang dihabiskan anak-anak di media sosial, sehingga anak-anak dapat menggunakan media sosial dengan bijak dan tidak terlalu banyak.

Selain itu, orang tua juga dapat memberikan pendidikan tentang bahaya media sosial kepada anak-anak. Orang tua dapat menjelaskan bagaimana anak-anak harus berhati-hati dalam mengeksplorasi media sosial, dan mengajarkan mereka cara untuk mengenali dan menghindari konten-konten yang tidak pantas. Selain itu, orang tua juga dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya privasi dan keamanan online, sehingga anak-anak dapat menjaga informasi pribadi mereka tetap aman.

Role model/Influencer yang diikuti oleh siswa di media sosial dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku siswa di dalam kelas. Seorang role model yang dianggap arogan dan tidak menghargai guru dapat menyebarluaskan sikap tersebut kepada siswa yang mengikutinya, sehingga menyebabkan siswa menjadi arogan dan tidak menghargai guru di dalam kelas.

Perilaku arogan dan tidak menghargai guru dapat mempengaruhi interaksi siswa dengan guru dan rekan siswa lainnya, yang dapat menyebabkan masalah dalam proses belajar mengajar. Siswa yang arogan dan tidak menghargai guru mungkin akan enggan untuk berpartisipasi dalam kelas atau menunjukkan sikap yang tidak sopan terhadap guru. Hal ini dapat menyebabkan guru menjadi tidak nyaman dalam mengajar dan siswa yang lain menjadi tidak fokus dalam belajar.

Untuk mengatasi masalah ini, orang tua dan guru harus memahami peran Role model/Influencer dalam media sosial dan mengajarkan siswa untuk memilih role model yang positif dan baik. Orang tua dan guru juga harus memberikan pendidikan tentang pentingnya menghormati guru dan rekan siswa lainnya, serta mengajarkan siswa untuk menunjukkan sikap yang sopan dan profesional di dalam kelas.

Selain itu, orang tua dan guru juga dapat mengajarkan siswa untuk mengevaluasi konten yang dibagikan oleh Role model/Influencer di media sosial, dan menyadari bahwa tidak semua konten yang dibagikan oleh seorang Role model/Influencer adalah benar atau positif.

Secara keseluruhan, media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam melakukan dakwah amar ma’ruf nahi munkar jika digunakan dengan bijak dan tepat. Dengan menyebarluaskan pesan-pesan positif dan mengajak orang lain untuk berbuat baik, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Pembatasan akses media sosial bagi anak-anak sangat penting untuk melindungi mereka dari dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh konten-konten yang tidak pantas. Dengan menggunakan aplikasi pemantauan atau kontrol parental, memberikan pendidikan tentang bahaya media sosial, dan mengajarkan anak-anak tentang privasi dan keamanan online, kita dapat membantu anak-anak untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan sehat.

Role model/Influencer yang diikuti oleh siswa di media sosial dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku siswa di dalam kelas. Oleh karena itu, orang tua dan guru harus bekerja sama untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya memilih role model yang positif dan menghormati guru dan rekan siswa lainnya.

 

[Bayu Setiawan, Amd.Ak]

 

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top Skip to content